OSMB DAN PKBJJ PENGUASAAN KETERAMPILAN BELAJAR MANDIRI DALAM MENINGKATKAN KETANGGUHAN BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS TERBUKA

UPBJJ UT Jambi menyelenggraakan kegiatan Edukasi Kegiatan Belajar Mandiri (EKBM) yang terdiri dari kegiatan OSMB, PKBJJ dan Klinik Belajar. Seluruh kegiatan ini diberikan untuk mahasiswa baru Universitas Terbuka 20201 khususnya UPBJJ UT Jambi. Kegiatan yang pertama dilakukan dari 3 rangkaian tersebuat adalah Orientasi Studi Mahasiswa Baru kemudian dilanjutkan dengan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh. Kegiatan OSMB dan PKBJJ di UPBJJ UT Jambi dilakukan di 8 lokasi berbeda sesuai dengan sebaran dan pemetaan lokasi yang dilakukan. Kegiatan dilakukan dua tahap. Pada tahap pertama OSMB dan PKBJJ di laksanakan pada tiga lokasi yaitu Kec. Batang Asai, Kab. Bungo dan Kab. Sarolangun di tanggal 15 dan 16 Februari 2020. Sedangkan OSMB dan PKBJJ di tahap kedua dilaksanakan pada tanggal 22 dan 23 Februari 2020 di Kab. Kerinci, Kota Sungai Penuh, Kab. Tanjab Timur, dan Kota Jambi.

Pada kegiatan OSMB dan PKBJJ di Kota Jambi dibuka langsung oleh kepala UPBJJ UT Jambi Bapak Yusrizal, M.Pd. Susunan acara OSMB dimulai dari pengenalan Sistem Perguruan Tinggi Jarak Jauh dilanjutkan dengan pemaparan mengenai UPBJJ UT Jambi secara umum hingga fasilitas-fasilitas online yang diberikan oleh Universitas Terbuka. Kegiatan orientasi ini mengundang narasumber dari Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jambi, Bapak Mulyadi, S.Pd., M.Pd. yang diminta memaparkan materi mengenai ‘Penguasaan Keterampilan Belajar Mandiri dalam Meningkatkan Ketangguhan Belajar Mahasiswa Universitas Terbuka’ yang menjadi tema pada kegiatan OSMB pada masa 2020.1 ini.

Hari kedua dilajutkan dengan pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ). Pada kegiatan hari kedua ini mahasiswa memperoleh pelatihan mengelola waktu, membaca cepat, merekam hasil baca, kiat mengerjakan UAS hingga materi fasilitas online yang ada di Universitas Terbuka.

Instruktur yang di libatkan didalam kegiatan ini merupakan instruktur-instruktur yang sebelumnya telah diberikan pelatihan dan pembekalan langsung oleh instruktur dari UT Pusat. Sehingga instruktur dianggap telah mampu menyampaikan dan menerapkan ilmu yang diperolehnya kepada mahasiswa. Dengan berjalannya kegiatan OSMB dan PKBJJ ini diharapkan mahasiswa memiliki penguasaan keterampilan belajar mandiri guna meningkatkan ketangguhan belajar dan mahasiswa mampu menyelesaikan studi sesuai dengan yang diharapkan tepat waktu dan tepat mutu. di Universitas Terbuka.

BERITA TERBARU


PELATIHAN INSTRUKTUR UNTUK MEMBENTUK KULTUR B...
26 Feb 2020 15:21

Universitas terbuka atau yang saat ini lebih dikenal sebagai cyber university merupakan salah satu [ ... ]

baca selengkapnya
OSMB DAN PKBJJ PENGUASAAN KETERAMPILAN BELAJA...
26 Feb 2020 14:23

UPBJJ UT Jambi menyelenggraakan kegiatan Edukasi Kegiatan Belajar Mandiri (EKBM) yang terdiri dari k [ ... ]

baca selengkapnya
#UTJAMBI’S_SAVE_THE_WORLD_FROM_PLASTIC
05 Feb 2020 18:23

Berdasarkan amanat dari Peraturan Daerah Nomor 8/2013 tentang pengelolaan sampah, pada tahun 201 [ ... ]

baca selengkapnya
Batas Akhir Registrasi dan Pembayaran
29 Jan 2020 14:17

Untuk semua mahasiswa Sarjana dan Diploma UT jangan lupa Batas Akhir Registrasi dan Pembayaran Semes [ ... ]

baca selengkapnya
UPACARA BENDERA MEMPERINGATI HARI IBU
26 Dec 2019 13:06

Senin, 23 Desember 2019 seluruh Pegawai UPBJJ-UT Jambi melaksanakan upacara bendera dalam rangka m [ ... ]

baca selengkapnya