UPACARA BENDERA MEMPERINGATI HARI IBU

Senin, 23 Desember 2019 seluruh Pegawai UPBJJ-UT Jambi melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ibu. Upacara dimulai seperti upacara upacara biasanya, hanya ditambahkan pembacaan sejarah Hari Ibu dan menyanyikan lagu Hari Ibu dan Mars Hari Ibu. Hampir semua petuas upacara kali ini adalah perempuan. Mulai dari pemimpin upacara, pewara, pembaca Undang Undang Dasar, pembaca Sejarah Hari Ibu dan pengibar Bendera Merah Putih.

Dalam sejarahnya Hari Ibu diprakarsai oleh para perempuan pejuang kemerdekaan. Mereka pada tgl 22-25 Desember 1928 mengadakan kongres yang salah satu keputusannya, terbentuknya Perikatan Perkoempoelan Perempoean Indonesia (PPPI). Di tahun 1929 PPPI mengganti namanya menjadi Perikatan Perkoempoelan Istri Indonesia (PPII). Pada kongres ke-2 yang diadakan di Jakarta, PPII berhasil membentuk Badan Kongres Perempuan Indonesia yang menetapkan fungsi utama Perempuan Indonesia sebagai Ibu Bangsa yang berkewajiban menumbuhkan fungsi utama generasi baru yang lebih menyadari dan lebih tebal rasa kebangsaannya.

Selanjutnya pada tahun 1938 Kongres Perempuan Indonesia ke-3 di Bandung menyatakan bahawa tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu, yang kemudian dikukuhkan oleh pemerintah melalui Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1956 tentang Hari Hari Nasional yang Bukan Hari Libur. Tahun 1946 Badan Kongres Perempuan Indonesia menjadi Kongres Wanita Indonesia yang disingkat KOWANI, yang samai saat ini terus berkiprah sesuai aspirasi dan tuntutan zaman.

Pembina Upacara yang dipimpin oleh Direktur UT Jambi, Bapak Yusrizal, M.Pd. menyampaikan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak. Berikut rangkuman isi sambutan Ibu Menteri pada Peringatan Hari Ibu ke-91 ini:

 

“Perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang harus sadar bahwa mereka mempunyai akses dan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk memperoleh sumber daya, seperti akses terhadap ekonomi, politik, sosial dan sebagainya. Begitu juga pengasuhan dalam keluarga, peran dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan dalam pengasuhan dalam keluarga, peran dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan dalam pengasuhan anak tidak hanya orang tua namun perlu didukunh oleh semua pihak.

PHI diharapkan sebagai momen penting untuk mendorong semua pemangku kepentingan guna memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan. Dan pada akhirnya memberikan keyakinan yang besar bahwa perempuan akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan sebagai motor penggerak dan sekaligus agen perubahan (agent of change),”

Setelah selesai sambutan oleh Pembina Upacara, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Mars Hari Ibu ciptaan N. Simanungkalit. Upacara ditutup dengan do’a, berakhir dengan aman dan tertib. Selamat Hari Ibu untuk semua Perempuan Indonesia, Jaya selalu Perempuan Perempuan Indonesia!.

BERITA TERBARU


PELATIHAN INSTRUKTUR UNTUK MEMBENTUK KULTUR B...
26 Feb 2020 15:21

Universitas terbuka atau yang saat ini lebih dikenal sebagai cyber university merupakan salah satu [ ... ]

baca selengkapnya
OSMB DAN PKBJJ PENGUASAAN KETERAMPILAN BELAJA...
26 Feb 2020 14:23

UPBJJ UT Jambi menyelenggraakan kegiatan Edukasi Kegiatan Belajar Mandiri (EKBM) yang terdiri dari k [ ... ]

baca selengkapnya
#UTJAMBI’S_SAVE_THE_WORLD_FROM_PLASTIC
05 Feb 2020 18:23

Berdasarkan amanat dari Peraturan Daerah Nomor 8/2013 tentang pengelolaan sampah, pada tahun 201 [ ... ]

baca selengkapnya
Batas Akhir Registrasi dan Pembayaran
29 Jan 2020 14:17

Untuk semua mahasiswa Sarjana dan Diploma UT jangan lupa Batas Akhir Registrasi dan Pembayaran Semes [ ... ]

baca selengkapnya
UPACARA BENDERA MEMPERINGATI HARI IBU
26 Dec 2019 13:06

Senin, 23 Desember 2019 seluruh Pegawai UPBJJ-UT Jambi melaksanakan upacara bendera dalam rangka m [ ... ]

baca selengkapnya